I T Student, who you are?

Empat tahun berkutat dengan dunia public relation untuk sebuah perguruan tinggi swasta, empat tahun pula ‘dicurhati’ calon mahasiswa, mahasiswa baru, bahkan orangtua mereka dengan berbagai macam problematika dan dinamika “siswa yang maha” ini. Apalagi jika ditanya, “Mas Rijal dulu kuliahnya jurusan apa?” — saya jawab “IKOM” — “Ouww pantesan komunikatif dan enak diajak ngobrol..” –Hallah..– “Pasti mikirnya IKOM = Ilmu Komunikasi”, saya jelaskan IKOM itu Ilmu Komputer, berkembang lagi pertanyaannya “Bedanya dengan Teknik Informatika apa mas? Kalau Manajemen Informatika? Koq Mas Rijal S.Si? Bukan S.Kom? Koq Mas Rijal jadi public relation? bukan programmer?” Bla..bla..bla.. (Ketik:C<spasi>D, Capek Dech…) -Gak koq, gak capek, kunikmati pekerjaan itu-

Back to the laptop, dari berbagai sumber yang kuat kuperoleh pencerahan, ada terminologi “Computing Curricula”, yaitu panduan kurikulum bidang komputer (computing) yang diterbitkan secara bersama oleh ACM (the Association for Computing Machinery), AIS (the Association for Information System) dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society). Dalam Computing Curricula diberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu : Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information System (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak).


Lalu sampai di Indonesia diadaptasi menjadi :

1. Computer Science untuk program studi (jurusan) Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.
2. Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer.
3. Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika.
Sedangkan Software Engineering dan Information Technology, di Indonesia dimasukkan sebagai salah satu bagian dari Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.

Biasanya pertanyaan mereka terus berkembang, “Beda jurusan-jurusan itu apa Mas? Yang Mas Rijal pelajari apa? Kalau lulus jadi apa?” Hingga pertanyaan “Susah gak kuliahnya Mas? Mahal gak biayanya?” Fyyuuuhhh…😉

Sebenarnya semua jurusan (program studi) itu sama, karena pada prakteknya mata kuliahnya 90% hampir sama, hanya bobotnya yang berbeda. Nah, karena bobotnya berbeda maka jalur karier dan bidang lulusannya juga diharapkan berbeda, based on kompetensinya masing-masing. Mungkin gambaran singkat kompetensinya sebagai berikut :

1. Computer Engineering (CE) ; (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

2. Computer Science (CS) ; (Jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika) diharapkan menghasilkan lululsan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

3. Information System (IS) ; (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process, serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.

4. Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memelihara infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5. Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle)

Ya udah.. supaya ‘gak bingung’ yang penting sebenarnya minatnya mau kemana? Terus motivasi kuliahnya untuk apa? Jika itu sudah tertata dengan rapi kuatkan dengan keinginan. Namun jangan lupa, walaupun hal ini bukan hal yang pertama tapi juga utama, yakni sumber dana untuk biaya kuliah. Karena kayaknya gak ada pendidikan yang murah ya?

Akhirnya, semoga bermanfaat.. Bang Romi Satria matur tengkyu yawh.. Banyak salam dan doa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s